Resume Materi PKKMB Bebas Narkoba


 Indonesia saat ini sedang mengalami kondisi darurat darurat. Beberapa faktor penyebab indonesia mengalami darurat narkoba adalah Indonesia memiliki kondisi geografis yang terbuka. Karena indonesia memiliki kondisi geografis yang terbuka, barang - barang narkoba dari berbagai negara dapat lebih mudah untuk diselundupkan masuk ke Indonesia.    

Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), narkotika terbagi menjadi 3 golongan. Golongan pertama yaitu obat - obat seperti ganja, heroin, kokain, opium, katinon, MDMA/ECSTASY, dll. Narkotika golongan ini hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan IPTEK dan tidak digunakan dalam terapi. Golongan kedua yaitu obat – obat seperti morfin, petidin, fentanil, metadon, dll. Narkotika golongan ini digunakan sebagai pilihan terakhir dalam pengobatan terapi. Untuk golongan ketiga yaitu obat - obat an seperti kodeina, buprenorfin, etilmorfina, nikokodina, polkidina, propiram, dll. Obat - obat ini memiliki ketergantungan yang ringan, tetapi bermanfaat dan berkhasiat untuk pengobatan dan penelitian.  

Untuk dapat mempertahankan diri dari narkoba, kita harus memiliki 3 sifat ini. Sifat yang pertama yaitu Assertivenes, artinya kita harus memiliki  sikap mampu berkomunikasi dengan jujur ​​dan tegas, namun tetap menghargai dan menjaga perasaan orang lain. Sifat yang kedua yaitu Self Regulation, yang artinya kita harus memilikinya  kemampuan individu dalam mengelola pikiran, perasaan, dorongan, dan keinginan untuk mencapai tujuan tertentu di masa yang akan datang. Sifat yang ketiga adalah Reaching Out, yang artinya kita harus memiliki  kemampuan untuk meningkatkan aspek positif kehidupan dengan cara menerima tantangan atau menggunakan kesempatan serta meningkatkan keterhubungan dengan orang lain.  

Semua mahasiswa Unusa diwajibkan untuk memiliki ketiga sifat tersebut agar mahasiswa Unusa bisa menjadi mahasiswa yang jauh lebih aktif dan berprestasi.

Narasumber : Ibu Sri Artanti Maryani, S.SOS  

Tautan Blog Teman : 

https://adhistymtr.blogspot.com/2023/09/day-1-2-mahasiswa-bebas-narkoba-untuk.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem 1445 H

Resume Materi PKKMB DAY 2 Mahasiswa Unusa Dalam Generasi Aswaja An - Nahdliyah